Pengertian atap canopy carport



Pengertian Carport

Carport adalah tempat menyimpan kendaraan di depan rumah yang tidak memiliki garasi ataupun memiliki kendaraan lebih banyak dari kapasitas garasi. Emper mobil biasanya dilengkapi atap dengan tujuan untuk melindungi kendaraan dari air hujan, embun malam dan terik cahaya matahari dan lantai yang diperkeras. Alasan lainnya adalah keterbatasan lahan tidak memungkinkan disediakannya ruang untuk garasi karena garasi umumnya merupakan bagian dari bangunan rumah sehingga membutuhkan lahan yang cukup dan perencanaan khusus.

Faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat carport

Ada beberapa faktor dalam merencanakan emper mobil antara lain :
  • Luas lahan, harus lebih lebar dan lebih panjang sekurang-kurangnya 1 meter dari ukuran kendaraan yang akan diparkir.
  • Letak carport harus memperhatikan sirkulasi kendaraan ketika keluar-masuk carport maupun arah dan arus kendaraan di jalan yang berbatasan dengan halaman.
  • Bentuk dan struktur atap carport sangat beragam. Selain bergantung pada selera pemilik rumah, hal penting yang harus dipertimbangkan adalah bahwa tampilan desain atap carport berpengaruh secara langsung terhadap tampilan wajah bangunan secara keseluruhan.
  • Letak talang air untuk pembuangan air hujan harus direncanakan sedemikian sehingga bisa mengalirkan curahan air hujan dengan baik.
  • Pemilihan material harus memperhatikan faktor kekuatan, kemudahan pemasangan, dan perawatan, pemilihan material pun harus memperhitungkan pengaruh karakteristik material terhadap tampilan desain bangunan rumah. Material  memiliki banyak piihan material, ada yang dari kayu, stainless steel, rangka baja, bahkan balok beton.
  • Biaya yang dimiliki untuk pembangunan emper mobil.
ENAM MODEL STRUKTUR CANOPY CARPORT
BAYANGKANLAH jika konstruksi carport dibuat tanpa perencanaan yang matang. Apa jadinya jika tiang atau carport runtuh menimpa mobil kesayangan Anda? Jangan lupa pula, keberadaan carport yang terletak di muka rumah akan mempengaruhi tampilan wajah rumah secara keseluruhan.
Meski tidak diperlukan sebuah perencanaan yang rumit sebagaimana ketika membangun rumah, membuat carport membutuhkan perencanaan yang cermat dengan beberapa pertimbangan tertentu. Tujuannya tentu saja agar diperoleh carport yang kuat sehingga dapat mengakomodasi fungsi utamanya untuk melindungi kendaraan, mendapat bentuk yang tepat sesuai dengan yang diinginkan, serta menghasilkan tampilan yang indah untuk mendukung tampilan wajah rumah. Untuk itu, jangan lupakan hal-hal berikut ini ketika Anda merencanakan pembuatan carport. Dibawah ini adalah model carport yang bisa menjadi inspirasi bila anda ingin membaut area carport anda tampil lebih cantik.

STRUKTUR KANTILEVER

ImageImage

KELEBIHAN struktur ini adalah tidak membutuhkan tempat yang luas untuk tumpuan strukturnya karena tumpuan kantilever hanya pada satu sisi. Ada dua perkuatan yang digunakan untuk tumpuan stukturnya. Satu berada pada rangka atap yang dibaut ke dinding, dan kedua berada pada kekuatan tali baja yang dikaitkan dengan rangka atap dan dinding.

STRUKTUR KAWAT

ImageImage

STRUKTUR penyangga utamanya hanya sepotong besi persegi di sisi kanan atau kiri atap. Sebagai penguat digunakan kawat baja yang dipasang mengait pada atap kanopi. Ujung-ujung kawat tertambat pada besi penyangga, dan Rangka atap hanya berupa besi hollow. Struktur atap seperti ini menimbulkan kesan simpel pada bangunan.

STRUKTUR KAYU

ImageImage


STRUKTUR Kayu lebih mudah untuk mengaplikasikannya, karena kayu gampang dibentuk dan mempunyai kesan alami. Cocok untuk daerah yang berhawa dingin untuk membuat kesan suasana lebih hangat. Selain itu material lebih kayu gampang untuk ditemui dipasaran dibanding material lain, hanya saja kita perlu tahu kayu apa yang cocok pada kondisi luar seperti panas dan hujan

STRUKTUR BETON

ImageImage

STRUKTUR beton merupakan struktur yang paling kokoh untuk sebuah carport. Dia tidak menerima beban apapun kecuali bebannya dia sendiri. Supaya semakin kokoh biasanya diberi empat pilar atau kolom untuk menyangga struktur atap carport yang berupa dak beton. Selain kokoh tentunya struktur ini paling mahal. Alangkah baiknya jika diatas dak beton karport bisa dimanfaatkan
untuk taman.

STRUKTUR POLYCARBONATE

ImageImage

POLIKARBONAT merupakan salah satu jenis dari thermoplastic polimer. Sifatnya mudah dikerjakan (easily worked), dicetak (easily moulded) dan mudah terbentuk dengan panas (easily thermoformed). Material ini banyak digunakan pada industri kimia modern. Material ini memiliki identifikasi kode plastik 7. Polikarbonat lebih banyak dikenal sebagai penutup atap.Material ini sangat kuat. Bahan ini 250 kali lebih kuat dibandingkan kaca, dan 20 kali lebih kuat dibandingkan akrilik.

STRUKTUR BUKA TUTUP

ImageImage

BAHAN struktur atap ini adalah aluminium yang bisa dibuka atau ditutup, sangat praktis karena bisa
mendapatkan sirkulasi udara, atau ditutup jika hujan atau panas. Karena terbuat dari aluminium, struktur atap sangat ringan,antikarat dan tahan lama sehingga tidak membebani struktur bangunan. Pemasangannya mudah karena menggunakan sistem knock down sehingga bisa terpasang kurang dari sehari.

TANAMAN RAMBAT PADA KANOPI

Ada banyak jenis tanaman merambat berbunga yang bisa Anda pilih, bila hendak digunakan sebagai peneduh. Sebagian besar tanaman ini toleran terhadap intensitas matahari. Bunganya yang cantik tetap lebat dan selalu mekar meski kondisi lingkungan di sekitarnya teduh

ImageImage

KEUNGGULAN lain yang dimiliki oleh kebanyakan tanaman merambat yaitu bandel serta mudah tumbuh. Sifat seperti ini membuat pemilik tidak direpotkan oleh pemeliharaan. Perawatan rutin yang di akukan cukup pemangkasan. Dilaksanakan setiap dua minggu sampai sebulan sekali. Pertumbuhan semakin pesat pada waktu musim hujan. Tanaman merambat berbunga juga sering ditanam sebagai pot plant. Ukuran diameter pot yang digunakan berkisar antara 20-30 cm. Mereka sangat cocok dimaanfaatkan sebagai topiari. Untuk keperluan tersebut, pot harus dilengkapi kerangka. Dibuat dengan kawat atau besi. Topiari tanaman merambat berbunga dapat dipajang di tengah taman maupun di depan pintu gerbang.Cara perambatan yang dilakukan tidak sulit. Hanya butuh kesabaran. Juluran tanaman sedikit demi sedikit dililitkan di keran gka kanopi yang sudah tersedia. Agar tak mudah copot diikat dengan tali plastik atau biar indah bisa dililitkan pada kawat. Ikatan bisa dilepas bila batang telah kokoh melilit kerangka. Bentuk topiari dan naungan terlihat semakin bagus bila daun tanaman tumbuh rimbun. Pemupukan dilakukan setiap 1 bulan sekali. Menggunakan pupuk NPK. Pilih pupuk dengan kandungan Pospor lebih dari 50%. Atau dengan perbandingan NPK masing-masing 0 1 50 30. Tanaman yang ditanam dalam pot mendapat pupuk sebanyak 1 sendok makan. Sementara tanaman yang tumbuh langsung di pekarangan porsi pupuk yang diberikan 2 sendok makan dan diberikan 3 bulan sekali. Selain itu, pemangkasan juga dapat merangsang sekaligus menambah jumlah tandan bunga yang dihasilkan.